Fajri Ramadhan, Muhammad (2024) HUBUNGAN KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN EMOSIONAL PADA SISWA SMA NEGERI 12 PADANG. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang.
Cover Fajri.pdf - Published Version
Download (687kB)
BAB I Fajri.pdf - Published Version
Download (314kB)
BAB VI Fajri.pdf - Published Version
Download (262kB)
DAFTAR PUSTAKA Fajri.pdf - Published Version
Download (279kB)
Skripsi Ajii Revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Kecanduan gadget dapat menimbulkan permasalahan fisik, psikologis dan sosial seperti gangguan teman sebaya, penurunan daya ingat, menarik diri dari lingkungan sosial, merasa cemas dan depresi bila offline. Kepala sekolah dan guru SMA Negeri 12 mengatakan sebagian besar siswa/i disekolahnya memiliki tingkah laku yang buruk, emosi yang tidak stabil seperti mudah tersinggung, tidak mudah menerima nasehat, suka menggerutu dan mengkritik orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosional Pada Siswa SMA Negeri 12 Padang tahun 2024.
Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Waktu penelitian dilaksanakan bulan Maret-Agustus 2024. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 13 – 14 Agustus 2024. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa/I kelas XI dan XII di SMA Negeri 12 Padang berjumlah 475 orang dengan sampel 83 orang. Teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling, data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi- square (pvalue < 0,05).
Hasil penelitian lebih dari separuh (57,8%) remaja memiliki kecanduan gadget sedang. Kurang dari separuh (47,0%) remaja mengalami gangguan emosional. Ada hubungan kecanduan gadget dengan gangguan emosional pada siswa SMA Negeri 12 Padang tahun 2024 (p-value = 0,000)
Kesimpulan penelitian ini adanya hubungan kecanduan gadget dengan gangguan emosional pada siswa. Diharapkan kepada pihak sekolah bekerja sama dengan guru memberikan pengetahuan tentang baya kecanduan gadget dan gangguan emosional pada siswa, sehingga dapat membantu mencegah permasalahan pada siswa.
Daftar Bacaan : 38 ( 2015-2022)
Kata Kunci : Kecanduan Gadget, Gangguan Emosioanal, Remaja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email S1perawat@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:14 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1680 |