Alisty, Azira (2023) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT M ZEIN PAINAN TAHUN 2023. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang.
cover.pdf - Published Version
Download (473kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (131kB)
BAB VI.pdf - Published Version
Download (113kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB)
SKRIPSI FULL AZIRA ALISTY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
Skripsi, September 2023
Azira Alisty
Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit M Zein Painan Tahun 2023
xii + 60 halaman, 14 tabel, 2 gambar, 9 lampiran
ABSTRAK
Rumah sakit M Zein Painan memiliki indeks kepuasan terhadap pelayanan rumah sakit sebesar 78,42%. Sedangkan target indeks kepuasan adalah 95%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap dirumah sakit M Zein Painan tahun 2023.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain cross sectional penelitian dilakukan pada bulan Maret-Agustus 2023 di rumah sakit M Zein painan. Populasi dalam penelitian adalah pasien rawat inap berjumlah 10.826 orang dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel mengunakan accidental sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan mengunakan kuesioner. Analisis data mengunakan analisis univariat dengan melihat distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji Chi square.
Hasil penelitian menunjukan 58% pasien mempersepsikan kepuasan pasien tidak puas, 55% pasien menyatakan dimensi kehandalan tidak bermutu, 61% pasien mempersepsikan dimensi ketanggapan tidak bermutu, 55% pasien mempersepsikan dimensi bukti langsung tidak bermutu, 56% pasien mempersepsikan dimensi jaminan tidak bermutu, 59% pasien mempersepsikan dimensi empati tidak bermutu. Ada hubungan kehandalan (p=0,001), ketanggapan (p=0,001), bukti langsung (p=0,001), jaminan (p=0,001) dan empati (p=0,001) terhadap kepuasaan pasien rawat inap di Rumah Sakit M. Zein Painan tahun 2023.
Terdapat hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit M Zein painan. Diharapkan rumah sakit M. Zein Painan dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan seperti waktu pelayanan pendaftaran yang cepat, petugas memberikan informasi yang jelas mudah dimengerti dan bersifat adil tanpa membeda-bedakan pasien.
Daftar Bacaan : 18 (2015-2023)
Kata Kunci : Kepuasaan Pasien, Mutu Pelayanan, Pasien, Rumah Sakit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email S1kesmas@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:19 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 08:19 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/594 |