Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Berdasarkan Persepsi Pasien di Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2022

Satriana, Wita (2023) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Berdasarkan Persepsi Pasien di Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2022. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB PENUTUP] Text (BAB PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH
PADANG
Skripsi, Mei 2023

Wita Satriana

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Berdasarkan Persepsi Pasien di Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2022

xiii + 55 halaman, 5 tabel, 2 gambar, 12 lampiran

ABSTRAK

Masalah utama pelayanan kesehatan di Puskesmas Air Tawar Padang adalah kualitas yang belum memuaskan sehingga berdampak pada angka kunjungan, walaupun cakupan pelayanan sudah baik tetapi status kesehatan masyarakat belum optimal. Data tahun 2020-2021 terjadi jumlah penurunan kunjungan sebanyak 26.903 dan data tahun 2022 sebanyak 1.856 kunjungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan persepsi pasien di Puskesmas Air Tawar Kota Padang tahun 2022.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Lama penelitian dari bulan Desember 2022-Agustus 2023. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui atau tidak dapat dipastikan, sedangkan sampel 96 responden untuk mewakili populasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Data dianalisis secara univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan bivariat mengunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian di dapatkan 62.5% pelayanan tidak bermutu, 58.3% kepuasan yang tidak puas. Ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan persepsi pasien di Puskesmas Air Tawar p-value 0,005 (p<0,05).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan persepsi pasien. Saran, diharapkan kepada Puskesmas Air Tawar untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan terutama waktu tunggu pasien agar pasien puas dengan pelayanan yang diberikan.

Daftar Baca : 30 (2012-2021)
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Tingkat kepuasan, Pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email S1kesmas@gmail.com
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:05
Last Modified: 21 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item
View Item