Satriana, Wita (2023) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Berdasarkan Persepsi Pasien di Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2022. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG.
Cover.pdf - Published Version
Download (3MB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version
Download (1MB)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH
PADANG
Skripsi, Mei 2023
Wita Satriana
Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Berdasarkan Persepsi Pasien di Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2022
xiii + 55 halaman, 5 tabel, 2 gambar, 12 lampiran
ABSTRAK
Masalah utama pelayanan kesehatan di Puskesmas Air Tawar Padang adalah kualitas yang belum memuaskan sehingga berdampak pada angka kunjungan, walaupun cakupan pelayanan sudah baik tetapi status kesehatan masyarakat belum optimal. Data tahun 2020-2021 terjadi jumlah penurunan kunjungan sebanyak 26.903 dan data tahun 2022 sebanyak 1.856 kunjungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan persepsi pasien di Puskesmas Air Tawar Kota Padang tahun 2022.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Lama penelitian dari bulan Desember 2022-Agustus 2023. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui atau tidak dapat dipastikan, sedangkan sampel 96 responden untuk mewakili populasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Data dianalisis secara univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan bivariat mengunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian di dapatkan 62.5% pelayanan tidak bermutu, 58.3% kepuasan yang tidak puas. Ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan persepsi pasien di Puskesmas Air Tawar p-value 0,005 (p<0,05).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan berdasarkan persepsi pasien. Saran, diharapkan kepada Puskesmas Air Tawar untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan terutama waktu tunggu pasien agar pasien puas dengan pelayanan yang diberikan.
Daftar Baca : 30 (2012-2021)
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Tingkat kepuasan, Pasien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email S1kesmas@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 04:05 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/331 |