Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2023

Wahyuni, Necy (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2023. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB PENUTUP] Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
NECY WAHYUNI 1914201024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH
PADANG
Skripsi, Agustus 2023

Necy Wahyuni

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Sutan Syahril Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2023
x + 83 halaman, 10 tabel, 2 gambar, 13 lampiran

ABSTRAK

Kepuasan pasien akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa pelayanan kesehatan dari rumah sakit kepada konsumen sesuai dengan apa yang dipersepsikan pasien, penyebab kepuasaan pasien yaitu kualitas pelayanan, dibuktikan dengan memberikan safety,Effectiveness dan compassion, komunikasi dan perilaku caring perawat. Tujuan penelitian ini unutk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2023.
Metode penelitian kuantitatif desain cross sectional. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Maret-Agustus 2023 pengumpulan data dilakukan dari tanggal 15 Juni - 08 Juli 2023. Populasi dalam penelitian pasien rawat inap 233 sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 70 responden. Data dianalisis secara univariat dan bivariat mengunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian lebih dari separuh (55.7%) pasien tidak puas, lebih dari separuh (54.3%) kualitas pelayanan kurang baik, lebih dari separuh (61.4%) komunikasi perawat kurang baik, lebih dari separuh (60%) perilaku caring kurang baik. Ada hubungan kualitas pelayanan (p=0,000), komunikasi perawat (p=0,001) dan perilaku caring (p=0,012) dengan kepuasaan pasien dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Sutan Syahril.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan, komunikasi perawat dan perilaku caring dengan kepuasaan pasien dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap. Saran, melalui kepala Rumah Sakit dan Kepala Ruangan agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan, komunikasi serta perilaku caring perawat yang diberikan kepada pasien, agar pasien menyatakan puas dalam pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit

Daftar Bacaan : 29 (2016-2021)
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Komunikasi, Perilaku Caring,
Kepuasan, Pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email S1perawat@gmail.com
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:56
Last Modified: 21 Sep 2023 02:56
URI: http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item