Ningsih, Ardianti Ayu (2023) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Puskesmas Ambacang Kuranji tahun 2023. Diploma thesis, STIKes Alifah Padang.
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version
Download (141kB)
BAB VI (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version
Download (96kB)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
Skripsi, Agustus 2023
Ardianti Ayu Ningsih
Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Puskesmas Ambacang Kuranji Tahun 2023
xiv +76 Halaman, 13 Tabel, 13 Lampiran
ABSTRAK
Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2017 tercatat sebanyak 38,4% kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Data provinsi Sumatera Barat menduduki peringkat pertama 39,2%. Jumlah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Puskesmas Ambacang Kuranji tahun 2022 49,91%. Jumlah kunjungan sangat berpengaruh terhadap mutu pelayanan yang dimiliki Puskesmas untuk melakukan kunjungan ulang, karna sangat penting untuk mempertahankan kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Puskesmas Ambacang Kuranji tahun 2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Dilaksanakan di Puskesmas Ambacang Kuranji pada bulan Maret-Agustus 2023. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasien Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Puskesmas Ambacang Kuranji. Jumlah sampel sebanyak 88 responden yang diambil secara accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan Chi square.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui Dimensi Kehandalan 55,7% responden menyatakan tidak bermutu, 40,9% Dimensi Daya Tanggap tidak bermutu, 58% Dimensi Jaminan tidak bermutu, 61,4% Dimensi Bukti Fisik tidak bermutu, dan 59,1% responden menyatakan Dimensi Empati tidak bermutu. Sebanyak 53,4% responden berminat melakukan kunjungan ulang. Berdasarkan hasil uji statistic diketahui Dimensi Kehandalan (p value=0,004), Daya Tanggap (p value=0,171) ada hubungan dengan minat kunjungan ulang dan Dimensi Jaminan (p value=0,106), Dimensi Bukti Fisik (p value=0,243), Dimensi Empati (p value=0,453) tidak ada hubungan dengan minat kunjungan ulang pasien Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Puskesmas Ambacang Kuranji Tahun 2023.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan dimensi kehandalan dan dimensi daya tanggap dengan minat kunjungan ulang pasien ISPA di Puskesmas Ambacang Kuranji tahun 2023. Disarankan Puskesmas Ambacang Kuranji agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi Daya Tanggap mengenai petugas memberikan informasi yang kurang jelas, sehingga pasien tidak mengerti, dan disarankan pada dimensi kehandalan mengenai lamanya proses waktu layanan pendaftaran. Hal ini yang akan berdampak pada minat kunjungan ulang. Sehingga dapat menimbulkan persepsi yang baik dan meningkatkan minat kunjungan ulang pasien.
Kata kunci: ISPA, Minat Kunjungan ulang, Mutu Pelayanan, Puskesmas
Daftar Bacaan: 35 (2004-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Unnamed user with email S1kesmas@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:42 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 04:42 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/319 |