Aryanti, Resi (2024) Faktor – Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Hipertensi di Puskesmas Anak Air Kota Padang Tahun 2024. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang.
COVER 1.pdf - Published Version
Download (808kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (240kB)
BAB Akhir.pdf - Published Version
Download (195kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB)
SKRIPSI Y.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2022 dimana
penyakit hipertensi menempati urutan pertama dari 10 penyakit terbanyak di Kota
Padang dimana pukesmas yang cakupan pelayanan Hipertensi rendah yaitu di
Puskesmas Anak Air sebesar 7%. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor -
faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien hipertensi di Puskesmas Anak
Air Kota Padang tahun 2024.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain studi cross sectional.
Penelitian dilakukan di Puskesmas Anak Air, Populasi seluruh penderita Hipertensi
yang berkunjung ke Puskesmas Anak Air Kota Padang tahun 2023 sebanyak 1.501
orang di ambil sebanyak 94 orang sampel. Teknik accidental sampling. Data
dikumpulkan melalui kuesioner, dianalisis secara univariat dan bivariat dengan
mengunakan uji chi-square. Pengambilan data dilaksanakan pada Maret - Agustus
2024.
Hasil penelitian diketahui 66,0% responden tidak puas terhadap pelayanan,
66,0% dimensi kehandalan responden mengatakan tidak bermutu, 69,1% dimensi
daya tanggap reponden mengatakan tidak bermutu, 61,7% dimensi jaminan
responden mengatakan tidak bermutu, 66,0% dimensi empati responden
mengatakan tidak bermutu, 67,0% dimensi bukti fisik responden mengatakan tidak
bermutu. Hasil uji statistik menunjukan 5 dimensi mutu masing masing
berhubungan dengan kepuasan pasien hipertensi dengan (p value ≤ 0,05).
Variabel dimensi mutu berhubungan dengan kepuasan pasien Hipertensi.
Untuk itu diharapkan bagi Puskesmas Anak Air agar meningkatkan mutu pelayanan
dan kepuasan dengan melakukan pelatihan kepada petugas, membuat sistem waktu
tunggu pelayanan seperti sistem pendaftaran online atau sistem antrian digital,
membuat SOP pelayanan, melengkapi fasilitas yang dibutuhkan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Unnamed user with username S1kesmas |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 00:23 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 00:23 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1289 |