Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2023”

Nuriyanti, Putri (2023) Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2023”. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER, PERSETUJUAN, PENGESAHAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I PUTRI N.pdf - Published Version

Download (70kB)
[thumbnail of BAB PENUTUP] Text (BAB PENUTUP)
BAB VI PUTRI N.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PUTRI N.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI PUTRI NURIYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
Skripsi, September 2023
Putri Nuriyanti
Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2023
xiii + 67 halaman, 17 tabel, 2 gambar, 11 lampiran
ABSTRAK
Puskesmas Nanggalo merupakan salah satu puskesmas yang jumlah kunjungan pasien rawat jalan yang menurun di Kota Padang di Puskesmas Nanggalo pada tahun 2020 19.192 pasien - tahun 2021 sebanyak 17.503 pasien. Menurunnya jumlah kunjungan pasien disebabkan oleh ketidak puasan pasien dengan pelayanannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2023.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Waktu penelitian bulan Maret-Agustus 2023. Populasi adalah seluruh pasien rawat jalan yang berkunjung ke Puskesmas Nanggalo. Sampel sebanyak 96 orang dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan wawancara. Analisis dengan univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukan 53,2% pasien tidak puas, 47,9% dimensi daya tanggap tidak bermutu, 46,9% dimensi kehandalan tidak bermutu, 45,8% dimensi jaminan tidak bermutu, 42,7% dimensi empati tidak bermutu dan 44,8% dimensi bukti fisik tidak bermutu dalam pelayanan yang diberikan oleh puskesmas. Hasil uji statistik diketahui terdapat hubungan daya tanggap(p=0,0001), kehandalan(p=0,036) dan bukti fisik dengan tingkat kepuasan pasien(p=0, 017)) dan tidak terdapat hubungan jaminan dan empati dengan tingkat kepuasan pasien dengan p value > (0,05).
Dapat disimpulkan bahwa dimensi mutu dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Untuk itu diharapkan bagi Puskesmas Nanggalo agar lebih meningkatkan mutu pelayanan yang akan berdampak terhadap kepuasan pasien dengan disederhanakan alur pelayanannya dan ditingkatkan lagi sarana dan prasarananya dengan sebaik mungkin.

Daftar Bacaan: 37 (2015-2022)
Kata Kunci: Kepuasaan Pasien, Mutu Pelayanan, Puskesmas, Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email S1kesmas@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2023 04:43
Last Modified: 23 Sep 2023 04:43
URI: http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item
View Item