Wahyuni, Sintia (2023) Pengaruh Terapi Bermain Storytelling Terhadap Tingkat Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Budi Mulia Padang. Diploma thesis, sekolah tinggi ilmu kesehatan alifah padang.
COVER .pdf - Published Version
Download (830kB)
BAB I SINTIA WAHYUNI.pdf - Published Version
Download (300kB)
BAB VI SINTIA WAHYUNI.pdf - Published Version
Download (295kB)
DAFTAR PUSTAKA SINTIA WAHYUNI.pdf - Published Version
Download (445kB)
Sintia Wahyuni Lengkap Skripsi .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan yang sering muncul pada anak prasekolah salah satunya ialah perkembangan bahasa. Jika perkembangan bahasa anak terganggu maka akan berdampak pada kemampuan anak dalam menggunakan informasi dan komunikasi. Di TK Budi Mulia Padang terdapat 60% anak masih mengalami masalah perkembangan bahasa dan keterlambatan bicara, Sehingga perlu dilakukan terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah di TK Budi Mulia Padang tahun 2023.
Metode penelitian kuantitatif menggunakan desain pre-eksperiment one group pretest dan posttest. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Maret- Agustus 2023 pengumpulan data dilakukan pada 12-24 Juni 2023. Populasi dalam penelitian ini anak usia prasekolah berjumlah 152, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 15 responden. Data dianalisis secara univariat dan bivariat mengunakan uji wilcoxon.
Hasil penelitian rerata tingkat perkembangan bahasa sebelum diberikan terapi bermain storytelling yaitu 1,87 (62,2%) ada penyimpangan, rerata tingkat perkembangan bahasa sesudah diberikan terapi bermain storytelling yaitu 2,47 (82,2%) perkembangan anak meragukan. Ada pengaruh terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah p-value 0,003 (p<0,05) di TK Budi Mulia Padang tahun 2023.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah di TK Budi Mulia Padang. Diharapkan kepada semua guru atau pengajar agar dapat melakukan pemeriksaan tingkat perkembangan bahasa pada anak secara rutin agar pihak sekolah dapat mengetahui perkembangan bahasa pada anak dan pihak sekolah dapat menangani jika ada anak mengalami keterlambatan dalam berbahasa dengan menggunakan metoda pengukuran tumbuh kembang yang sesuai dengan perkembangan bahasa anak selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email S1perawat@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 06:19 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 06:19 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/308 |