Pengaruh Terapi Bermain Storrytelling Terhadap Tingkat Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Budi Mulia Padang

wahyuni, sintia (2023) Pengaruh Terapi Bermain Storrytelling Terhadap Tingkat Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Budi Mulia Padang. Diploma thesis, sekolah tinggi ilmu kesehatan alifah padang.

[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I SINTIA WAHYUNI.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of BAB V1] Text (BAB V1)
BAB VI SINTIA WAHYUNI.pdf - Published Version

Download (295kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SINTIA WAHYUNI.pdf - Published Version

Download (445kB)
[thumbnail of Abtrak] Text (Abtrak)
COVER .pdf - Published Version

Download (830kB)
[thumbnail of Full skripsi] Text (Full skripsi)
Sintia Wahyuni Lengkap Skripsi .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang sering muncul pada anak prasekolah salah satunya ialah perkembangan bahasa. Jika perkembangan bahasa anak terganggu maka akan berdampak pada kemampuan anak dalam menggunakan informasi dan komunikasi. Di TK Budi Mulia Padang terdapat 60% anak masih mengalami masalah perkembangan bahasa dan keterlambatan bicara, Sehingga perlu dilakukan terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah di TK Budi Mulia Padang tahun 2023.
Metode penelitian kuantitatif menggunakan desain pre-eksperiment one group pretest dan posttest. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Maret- Agustus 2023 pengumpulan data dilakukan pada 12-24 Juni 2023. Populasi dalam penelitian ini anak usia prasekolah berjumlah 152, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 15 responden. Data dianalisis secara univariat dan bivariat mengunakan uji wilcoxon.
Hasil penelitian rerata tingkat perkembangan bahasa sebelum diberikan terapi bermain storytelling yaitu 1,87 (62,2%) ada penyimpangan, rerata tingkat perkembangan bahasa sesudah diberikan terapi bermain storytelling yaitu 2,47 (82,2%) perkembangan anak meragukan. Ada pengaruh terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah p-value 0,003 (p<0,05) di TK Budi Mulia Padang tahun 2023.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain storytelling terhadap tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah di TK Budi Mulia Padang. Diharapkan kepada semua guru atau pengajar agar dapat melakukan pemeriksaan tingkat perkembangan bahasa pada anak secara rutin dengan menggunakan metoda pengukuran tumbuh kembang yang sesuai dengan perkembangan bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email S1perawat@gmail.com
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:26
Last Modified: 20 Sep 2023 06:26
URI: http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item