HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2024

FEBRIAN, FEBRIAN (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2024. Diploma thesis, stikes alifah padang.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (22kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FEBRYAN] Text (SKRIPSI FULL FEBRYAN)
SKRIPSI FULL FEBRYAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
Skripsi, September 2024

Febryan

Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Dr. Rasidin Padang tahun 2024

xiii + 78 halaman, 13 tabel, 2 gambar, 11 lampiran

ABSTRAK

Ketidakpuasan pasien timbul karena terjadinya kesenjangan harapan pasien dengan kinerja pelayanan kesehatan yang dirasakan sewaktu menggunakan pelayanan kesehatan. Jumlah kunjungan instalasi gawat darurat di IGD RSUD Dr. Rasidin Padang terjadi penurunan kunjungan tahun 2022 berjumlah 10.101 orang menurun pada tahun 2023 menjadi 9.492 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Dr. Rasidin Padang tahun 2024.
Jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan Maret s/d Agustus tahun 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berkunjung ke IGD RSUD Dr. Rasidin Padang berjumlah 498 orang dengan sampel 36 orang. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariate menggunakan uji statistik Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 38,9% dimensi reliability kurang baik. 47,2% dimensi responsiveness, 38,9% dimensi assurance kurang baik, 52,8% dimensi empaty kurang baik, 50% dimensi tangibles kurang baik, 44,4% memiliki mutu pelayanan kurang baik dan hasil tingkat kepuasan menunjukkan 52,8% tidak puas, Terdapat hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Dr. Rasidin Padang tahun 2024 dengan pvalue=0,000 (<0,05)
Kesimpulan penelitian ini ada hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Ruangan IGD. Diharapkan mutu pelayanan yang diberikan petugas kesehatan pada pasien mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Diharapkan bagi pihak RSUD Dr. Rasidin Padang untuk meningkatkan pelayanan yang memenuhi standar 5 dimensi mutu pelayanan rumah sakit sehingga mutu pelayanan dalam kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik yang diberikan pada pasien dapat memberikan kepuasan dalam pelayanan pada pasien IGD.

Daftar Bacaan : 25 (2011 – 2023)
Kata Kunci : Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien, IGD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email S1perawat@gmail.com
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:25
Last Modified: 30 Sep 2024 03:25
URI: http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item
View Item