Hubungan Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2024

Sari, Titin Gumala (2024) Hubungan Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2024. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB PENUTUP] Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI-TITIN-GUMALA-SARI-2014201083-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG Skripsi, September 2024

Titin Gumala Sari
Hubungan Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK
III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2024

xiii + 49 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 11 lampiran

ABSTRAK

Indonesia menjadi salah satu penilaian bagi para pengguna pelayanan kesehatan. Survei kepuasan pasien pada beberapa Rumah Sakit di Jakarta menunjukan bahwa 14% pasien tidak puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, disebabkan oleh perilaku caring kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2024.
Jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan Maret – September tahun 2024. Pengumpulan data telah dilaksanakan tanggal 05 – 21 Agustus 2024. Populasi pasien yang berada di ruang rawat inap RS. Tk III Dr. Reksodiwiryo Padang bulan Juni 2024 sebanyak
102 pasien dengan sampel 50 orang. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari separuh 24 (48,0%) responden tidak puas dengan pelayanan. Kurang dari separuh 23 (46%) responden perilaku caring perawat kurang baik. Ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RS. TK III Reksodiwiryo Padang Tahun 2024.
Kesimpulan penelitian ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Diharapkan perawat lebih memperhatikan pola komunikasi, lebih peka terhadap keluhan dan cepat tanggap terhadap hal yang terjadi pada pasien dengan menunjukkan rasa yang ikhlas. Maka dengan demikian mutu pelayanan rawat inap rumah sakit akan jauh lebih baik serta dapat mempercepat masa penyembuhan pasien.

Kata Kunci : Caring Perawat, Kepuasan Pasien
Daftar Bacaan : 24 (2016 – 2023)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email S1perawat@gmail.com
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:31
Last Modified: 01 Oct 2024 06:31
URI: http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item
View Item