Sari, Titin Gumala (2024) Hubungan Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2024. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG.
Cover.pdf - Published Version
Download (3MB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version
Download (3MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (3MB)
SKRIPSI-TITIN-GUMALA-SARI-2014201083-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG Skripsi, September 2024
Titin Gumala Sari
Hubungan Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK
III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2024
xiii + 49 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 11 lampiran
ABSTRAK
Indonesia menjadi salah satu penilaian bagi para pengguna pelayanan kesehatan. Survei kepuasan pasien pada beberapa Rumah Sakit di Jakarta menunjukan bahwa 14% pasien tidak puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, disebabkan oleh perilaku caring kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2024.
Jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan Maret – September tahun 2024. Pengumpulan data telah dilaksanakan tanggal 05 – 21 Agustus 2024. Populasi pasien yang berada di ruang rawat inap RS. Tk III Dr. Reksodiwiryo Padang bulan Juni 2024 sebanyak
102 pasien dengan sampel 50 orang. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari separuh 24 (48,0%) responden tidak puas dengan pelayanan. Kurang dari separuh 23 (46%) responden perilaku caring perawat kurang baik. Ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RS. TK III Reksodiwiryo Padang Tahun 2024.
Kesimpulan penelitian ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Diharapkan perawat lebih memperhatikan pola komunikasi, lebih peka terhadap keluhan dan cepat tanggap terhadap hal yang terjadi pada pasien dengan menunjukkan rasa yang ikhlas. Maka dengan demikian mutu pelayanan rawat inap rumah sakit akan jauh lebih baik serta dapat mempercepat masa penyembuhan pasien.
Kata Kunci : Caring Perawat, Kepuasan Pasien
Daftar Bacaan : 24 (2016 – 2023)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email S1perawat@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 06:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:31 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1793 |