Oktafia, Silna (2024) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Padang tahun 2024. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang.
COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (139kB)
BAB AKHIR.pdf - Published Version
Download (36kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (39kB)
SKRIPSI SILNA OKTAFIA LENGKAPP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
Skripsi, September 2024
Silna Oktafia
Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Padang tahun 2024
xiii + 52 halaman, 8 tabel, 2 gambar, 10 lampiran
ABSTRAK
Indonesia 57,2% menyatakan tidak puas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas. Sumatera Barat mayoritas berobat jalan ke Puskesmas 44,4%. Puskesmas Dadok Tunggul Hitam mengalami penurunan kunjungan selama 3 tahun terakhir, dimana tahun 2020 sebanyak 51.367 kunjungan, tahun 2021 sebanyak 49.837 kunjungan, dan tahun 2022 sebanyak 19.986 kunjungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Padang tahun 2024
Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret – Agustus tahun 2024. Pengumpulan data pada tanggal 20 – 29 Juli 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam dengan sampel 96 orang. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Uji statitsik yang digunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian didapatkan 43,8% responden menyatakan tidak puas dengan pelayanan. Sebanyak 28,1% responden menyatakan mutu pelayanan tidak bermutu. Ada hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Padang tahun 2024 dimana p value = 0,000.
Mutu pelayanan yang diberikan petugas kesehatan pada pasien mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Diharapkan bagi pihak Puskesmas Dadok Tunggul Hitam untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada pasien yang lebih baik dan memenuhi standar 5 dimensi mutu pelayanan puskesmas sehingga mutu pelayanan dalam kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik yang diberikan pada pasien dapat memberikan kepuasan dalam pelayanan pada pasien di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Padang.
Daftar Bacaan : 24 (2011 – 2024)
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username S1kesmas |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:30 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1568 |