Ramadanis, Novia (2024) Analisis Pelaksanaan Prosedur Klaim Rumah Sakit Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Padang Tahun 2024. Other thesis, STIKes Alifah Padang.
COVER.pdf - Published Version
Download (531kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB)
BAB AKHIR.pdf - Published Version
Download (147kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (278kB)
SKRIPSI NOVIA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
Skripsi, Agustus 2024
Novia Ramadanis
Analisis Pelaksanaan Prosedur Klaim Rumah Sakit Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Padang Tahun 2024
xiii + 111 halaman, 12 tabel, 5 gambar, 12 lampiran
ABSTRAK
Prosedur klaim penting dalam pengajuan dan verifikasi untuk mendapatkan penggantian biaya terkait pelayanan kesehatan. Permasalahan yang sering terjadi didalam pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit yaitu komponen autentifikasi penulisan dan audit pencatatan yang belum baik masih menjadi penyebab resume medis pasien dikembalikan oleh verifikator BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang tahun 2024.
Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada 7 orang informan. Penelitian dilakukan bulan Maret-Agustus tahun 2024 di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar check list dokumen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah petugas koding masih kurang, sementara jumlah verifikator BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang sudah mencukupi, sarana dan prasarana pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit sudah lengkap. Metode yang digunakan oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan bisnis proses dan pihak rumah sakit sesuai Perjanjian Kerja Sama. Namun, proses melengkapi berkas klaim masih belum optimal berkas yang diserahkan sering tidak lengkap dan terlambat sehingga menyebabkan beberapa berkas klaim tidak lolos verifikasi.
Klaim yang diajukan belum lengkap dan tidak tepat waktu, serta beberapa klaim dipending akibat adanya kesalahan klaim saat proses verifikasi. Disarankan agar petugas koding memastikan semua berkas klaim lengkap dan diserahkan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. BPJS Kesehatan diharapkan memberikan peringatan tegas kepada rumah sakit yang tidak lengkap dan terlambat dalam menyerahkan berkas klaim.
Daftar Bacaan : 33 (2004-2023)
Kata Kunci : BPJS Kesehatan, klaim, rumah sakit, verifikasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username S1kesmas |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:16 |
URI: | http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1128 |