Analisis Pelaksanaan Prosedur Klaim Rumah Sakit Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Padang Tahun 2024

Ramadanis, Novia (2024) Analisis Pelaksanaan Prosedur Klaim Rumah Sakit Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Padang Tahun 2024. Other thesis, STIKes Alifah Padang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (531kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB)
[thumbnail of BAB AKHIR.pdf] Text
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (147kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVIA LENGKAP.pdf] Text
SKRIPSI NOVIA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
Skripsi, Agustus 2024

Novia Ramadanis
Analisis Pelaksanaan Prosedur Klaim Rumah Sakit Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Padang Tahun 2024
xiii + 111 halaman, 12 tabel, 5 gambar, 12 lampiran

ABSTRAK
Prosedur klaim penting dalam pengajuan dan verifikasi untuk mendapatkan penggantian biaya terkait pelayanan kesehatan. Permasalahan yang sering terjadi didalam pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit yaitu komponen autentifikasi penulisan dan audit pencatatan yang belum baik masih menjadi penyebab resume medis pasien dikembalikan oleh verifikator BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang tahun 2024.
Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada 7 orang informan. Penelitian dilakukan bulan Maret-Agustus tahun 2024 di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar check list dokumen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah petugas koding masih kurang, sementara jumlah verifikator BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang sudah mencukupi, sarana dan prasarana pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit sudah lengkap. Metode yang digunakan oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan bisnis proses dan pihak rumah sakit sesuai Perjanjian Kerja Sama. Namun, proses melengkapi berkas klaim masih belum optimal berkas yang diserahkan sering tidak lengkap dan terlambat sehingga menyebabkan beberapa berkas klaim tidak lolos verifikasi.
Klaim yang diajukan belum lengkap dan tidak tepat waktu, serta beberapa klaim dipending akibat adanya kesalahan klaim saat proses verifikasi. Disarankan agar petugas koding memastikan semua berkas klaim lengkap dan diserahkan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. BPJS Kesehatan diharapkan memberikan peringatan tegas kepada rumah sakit yang tidak lengkap dan terlambat dalam menyerahkan berkas klaim.

Daftar Bacaan : 33 (2004-2023)
Kata Kunci : BPJS Kesehatan, klaim, rumah sakit, verifikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Unnamed user with username S1kesmas
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:16
Last Modified: 26 Sep 2024 04:16
URI: http://repository.stikesalifah.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item
View Item